Kegiatan Pengadilan

Dianjurkan menggunakan browser Mozzila Firefox untuk tampilan jadwal sidang terbaik

Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2019

11 Nov

Sukoharjo, 11 November 2019. Berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor:1561/SEK/HM.01.2/11/2019 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, yang menginstruksikan kepada seluruh Pengadilan untuk menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 Pengadilan Negeri Sukoharjo mengadakan Upacara Memperingati Hari Pahlawan. Upacara diselenggarakan di lapangan Pengadilan Negeri Sukoharjo pukul 08.00 WIB dengan Ibu Udjianti, S.H., M.H. selaku pembina upacara. Upcara dimulai dengan penghormatan kepada pembina upacara dilanjutkan pengibaran bendera merah putih oleh petugas diiringi oleh Lagu Indonesia Raya.

 

4.PNG

 

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan 2019 dibacakan sambutan dari Menteri Sosial, Bapak Juliari P Batubara yang mengingatkan kita akan perjuangan pahlawan dalam meraih dan memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mengingat begitu sulit perjuangan para pahlawan Bapak Juliari P Batubara mendorong pemuda dan pemudi untuk menjadi pahlawan masa kini dengan cara terus berinovasi, memperkuat keutuhan NKRI, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan provokasi yang menggangu ketertiban masyarakat, tidak melakukan perbuatan anarkis, dan tidak merugikan orang lain. Sehingga kita tidak hanya menganggap peringatan Hari Pahlawan hanya seremonial saja, tetapi terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia dan menjadi Pahlawan masa kini yang membanggakan negeri. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh petugas.

 

2.PNG

 

6.PNG

 

Dalam upacara kali ini juga dibacakan kata - kata mutiara para pahlawan, diantaranya “Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi.” yang disampaikan oleh Moh. Hatta sebagai salah satu founding fathers Negara Kesatuan Negara Indonesia dan “Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! 2 patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata “Aku tidak dapat!” melenyapkan rasa berani. Kalimat “Aku mau!” membuat kita mudah mendaki puncak gunung” yang disampaikan oleh Raden Ajeng Kartini. Upacara peringatan Hari Pahlawan ditutup dengan pembacaan doa oleh petugas.

 

5.PNG

 

 

 

 

Rapat Internal Bulan November 2019

07 Nov

Sukoharjo 7 November 2019. Dalam rangka berkoordinasi dengan seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Sukoharjo, serta memaksimalkan pelayanan Pengadilan Negeri SUkoharjo diadakan Rapat Internal setiap bulan. Rapat Internal Bulan November 2019 dipimpin oleh Ibu Udjianti, S.H., M.H. di dampingi oleh Bapak Muhammad Buchary Kurniata Tampubolon, S.H., M.H. selaku Wakil Ketua dan Bapak Santoso S.H. selaku Sekretaris.

 

1.PNG

 

Dalam rapat bulanan Ibu Ketua mengingatkan segenap hakim dan pegawai untuk menjaga integritas dan keteguhan agar tidak tergoda melakukan hal - hal yang tidak baik. Beberapa upaya dalam menjaga integritas dan keteguhan hakim dan pegawai adalah memutar audio peringatan setiap dua jam, dan tidak berhubungan dengan para pihak, membatasi akses pengunjung sidang agar tidak ada kontak dengan hakim dan pegawai. Selain itu Ibu Udjianti berpesan untuk meningkatkan manajemen resiko di Pengadilan Negeri Sukoharjo demi keamanan dan keselamatan bersama, diantaranya pemasangan CCTV agar dapat memantau seluruh sisi ruangan - ruangan di Pengadilan Negeri Sukoharjo.

 

2.PNG

 

Bapak Wakil Ketua mengingatkan para hakim dan pegawai untuk membuat SKP baik triwulan maupun tahunan, demi mempermudah penilaian kinerja. Lalu mengingatkan kepada bagian perdata agar mengisi jurnal keuangan dengan baik agar tidak terjadi pergeseran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dalam kesempatan ini juga Bapak Wakil Ketua menyoroti Papan Uraian Tugas yang terakhir di kontrol tahun 2018 agar segera diperbaharui dan PTIP mencermati dokumen penyerapan anggaran dan memaksimalkan penggunaan anggaran. 

 

3.PNG

 

Rapat ditutup oleh Ibu Udjianti, S.H., M.H. setelah sesi dengar pendapat selesai.

 

Pelantikan Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo

01 Nov

Semarang, 1 November 2019. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 2986/DJU/SK/KP04.5/9/2019 tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri di Lingkungan Peradilan Umum, Pengadilan Tinggi Jawa Tengah membebas tugaskan Bapak Hariyadi, S.H., M.H. dari jabatannya sebagai Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah melantik Ibu Udjianti, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo yang baru. Ibu Udjianti, S.H., M.H sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pontianak semenjak tanggal 7 September 2018 dan akan mulai menjalanakan tugas sebagai Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo tanggal 1 November 2019. 

 

 

Ibu Dr. Hj. Sri Sutatiek, S.H., M.Hum. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah memimpin jalannya Sidang Luar Biasa dengan acara Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan yang berjalan dengan khidmat dan lancar. Proses pelantikan dimulai dengan pengambilan sumpah oleh Ibu Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo.

 

Capture.PNG     20191101_100744-min.jpg       

Dilanjutkan dengan penyerahan memori dari Bapak Hariyadi, S.H., M.H. kepada Ibu Udjianti, S.H., M.H. lalu pembacaan dan pendandatanganan pakta integritas oleh Ibu Udjianti, S.H., M.H.

 

Capture_2.PNG

 

Capture_3.PNG

 

Sidang Luar Biasa dengan acara Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan ditutup dengan ucapan selamat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, pembacaan doa dan foto bersama.

20191101_100753-min.jpg

 

20191101_100756-min.jpg

 pelantikan1nop8.jpg

 

 

 

 

Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo

04 Nov

Sukoharjo, 4 November 2019. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 2986/DJU/SK/KP04.5/9/2019 tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri di Lingkungan Peradilan Umum, Ibu Udjianti, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo melantik Bapak Muhammad Buchary Kurniata Tampubolon, S.H., M.H. sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo. Bapak Muhammad Buchary Kurniata Tampubolon, S.H., M.H. yang dahulu menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Mungkid mengisi kekosongan jabatan selama kurang lebih satu tahun.

 

6.PNG

 

Dalam pengambilan sumpah Bapak Saiman S.H., M.H. dan Bapak Rinaldi Triandiko S.H., M.H. menjadi saksi dalam pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo.

 

7.PNG

 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas Bapak Buchary Kurniata Tampubolon, S.H., M.H. dalam menduduki jabatannya sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo.

 

 

4.PNG

 

Acara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh rohaniawan. Dilanjutkan dengan foto bersama Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo dan pemberian selamat dari seluruh pegawai Pengadilan Negeri Sukoharjo dan tamu undangan.

 

5.PNG

 

 

Sidang di Tempat dalam Rangka Operasi Zebra Candi 2019

30 Okt

Sukoharjo, 30 Oktober 2019. Pengadilan Negeri Sukoharjo bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Sukoharjo dan Kejaksaan Negeri Sukoharjo menggelar Sidang di Tempat dalam Rangka Operasi Zebra Candi 2019. Tujuan dilaksanakannya operasi ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas. Di samping itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

photo6185955781006960916.jpg

 

 

photo6185955781006960917.jpg

 

Proses Operasi Zebra Candi 2019 dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu :

  1. Pengendara yang melewati Jalan Jenderal Sudirman diarahkan untuk memasuki Halaman Pengadilan Negeri Sukoharjo. Setelah itu pengemudi diminta untuk menunjukkan SIM dan STNK.
  2. Bagi pengemudi yang surat - suratnya lengkap akan diarahkan untuk keluar melalui pintu keluar Pengadilan Negeri Sukoharjo.
  3. Bagi pengemudi yang surat - surat mengemudinya tidak lengkap atau tidak berlaku diberikan surat tilang dan diarahkan ke ruang sidang.
  4. Setelah sampai di ruang sidang, pengemudi menyerahkan surat tilang kepada petugas, selanjutnya petugas menyiapkan dokumen tilang.
  5. Apabila dokumen tilang telah siap, jaksa akan memanggil pengendara untuk kemudian dilaksanakan proses sidang. Dalam proses sidang hakim akan menanyakan pelanggaran yang dilakukan dan alasan terjadinya pelanggaran.
  6. Selesai sidang, pengendara akan diarahkan untuk membayar denda tilang sesuai keputusan dalam persidangan.

 

 

photo6185955781006960913.jpg

Sidang dipimpin oleh Ibu Retno Susetyani, S.H. sebagai hakim, dibantu ibu Nasyatun Fadlilah, S.H. sebagai Panitera Pengganti dan bapak Robani Fakih selaku juru sita. Sidang ini berlangsung selama 3 (tiga) jam, dimulai dari pukul 09.00 WIB dan selesai pukul12.00 WIB.

photo6185955781006960912.jpg