Dianjurkan menggunakan browser Mozzila Firefox untuk tampilan jadwal sidang terbaik

Survey Pelayanan Publik

25 Nov

PENDAHULUAN.

Pemerintah sangat membutuhkan informasi dari unit pelayanan instansi pemerintah secara rutin, dengan harapan mampu memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan di instansi pemerintah kepada masyarakat, oleh karena itu Pengadilan Negeri Kelas 1B Sukoharjo mengadakan survei ini. Survei ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Filosofi dasar yang digunakan dalam pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat yang dapat diartikan bahwa kepuasan pelanggan dalam hal kualitas pelayanan bisa dijelaskan/diukur dengan membandingkan persepsi pelayanan yang diterima dengan pelayanan yang diinginkan/diharapkan. Survei ini menayakan pendapat masyarakat mengenai pengalaman dalam memperoleh pelayanan di Pengadilan Negeri Kelas 1B Sukoharjo, yang diambil dengan kuesioner.

Pelaksanaan survei ini masih perlu perbaikan-perbaikan ke depan agar lebih baik. Kritik dan saran yang membangun senantiasa kami terima. Semoga laporan ringkas ini, berguna bagi berbagai pihak, khususnya segenap jajaran pimpinan Pengadilan Negeri Kelas 1B Sukoharjo dan masyarakat pengguna layanan di Pengadilan Negeri Kelas 1B Sukoharjo.

TUJUAN DAN SASARAN

Survei kepuasaan masyarakat ini bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Pengadilan Negeri Kelas IB Sukoharjo.

Adapun sasaran-sasaran Survei Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut :

    1. Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan di Pengadilan Negeri Kelas IB Sukoharjo.
    2. Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas Pelayanan di Pengadilan Negeri Kelas IB Sukoharjo.
    3. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik di Pengadilan Negeri Kelas IB Sukoharjo.

       RENCANA KERJA PELAKSANAAN

Pengukuran/survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) di Pengadilan Negeri Kelas IB Sukoharjo ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016.

TAHAPAN PELAKSANAAN

Tahapan pelaksanaan survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) di Pengadilan Negeri Kelas IB Sukoharjo, antara lain:

    1. Tim survei menentukan metode survei, yaitu dengan metode kuantitatif dan sampel diambil dengan teknik simple random sampling.
    2. Tim survei membuat instrumen berupa angket/kuesioner, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
    3. Tim survei mencetak dan menggandakan kuesioner yang telah disusun dan menentukan jadwal pelaksanaan survei.
    4. Tim survei melakukan survei sesuai jadwal.
    5. Kuesioner yang telah diisi dikumpulkan oleh petugas survei dan diserahkan kepada tim survei.
    6. Tim survei memeriksa kuesioner, jika ditemukan kuesioner yang rusak dan tidak terisi lengkap, maka kuesioner tersebut tidak diikutkan dalam analisis data.
    7. Tim survei mengkoding kuesioner, memasukkan jawaban kuesioner dan menganalisis data.
    8. Tim survei menyajikan hasil analisa dalam bentuk analisis statistik deskriptif.

       HASIL SURVEY PELAYANAN MASYARAKAT

       Periode Mei 2016

       Periode November 2016