Informasi Publik

Dianjurkan menggunakan browser Mozzila Firefox untuk tampilan jadwal sidang terbaik

Panduan Pendaftaran e-Court untuk Umum

24 Sep

Written by PB

 

Pendaftaran pengguna baru

 

Pengguna baru menyiapkan :

  • Fotokopi KTP
  • Nomor rekening yang akan digunakan untuk pembayaran panjar perkara
  • e-mail yang akan digunakan dalam proses persidangan

Lalu kunjungi Pengadilan Negeri Sukoharjo dan meminta pembuatan akun di meja e-court. Setelah akun di buatkan oleh petugas, pengguna dapat login menggunakan akun tersebut untuk mendaftarkan perkara secara online.

 

Login 

Untuk mendaftarkan perkara melalui e-court anda dapat mengunjungi situs https://ecourt.mahkamahagung.go.id/ atau scan barcode dibawah :

scan_me.JPG

 

Pada halaman awal, silahkan klik login, kemudian isikan username dan password yang telah anda dapatkan dari meja e-court.

Halaman_awal.PNG

 

Login_e-court.PNG

 

 

 

Klik pendaftaran perkara, lalu pilih jenis perkara yang akan di daftarkan. Anda dapat memilih jenis perkara sesuai dengan kebutuhan yaitu Gugatan Online, Bantahan Online, Gugatan Sederhana Online, dan Permohonan Online. Setelah memilih jenis perkara klik tombol Tambah Gugatan.

Daftar_Perkara.PNG

 

Sebelum memulai pendaftaran anda akan diminta memilih Pengadilan Tujuan, maksudnya adalah pengadilan dimana anda akan berperkara. Dalam hal ini silahkan isi dengan Pengadilan Negeri Sukoharjo, lalu klik tombol lanjutkan pendaftaran.

Memilih_pengadilan.PNG

 

Langkah_1.PNG

 

 Anda akan mendapatkan Nomor Registrasi Online. Nomor ini bukanlah nomor perkara. Nomor ini perkara akan di dapat setelah anda membayar panjar perkara.

 

Langkah kedua anda masukkan data pihak, dalam hal ini data penggugat dan data penggugat secara lengkap dan jelas. Pastikan alamat penggugat dan tergugat benar, karena biaya perkara akan dihitung berdasarkan jarak Pengadilan anda dengan alamat tergugat dan penggugat. Apabila anda menggugat beberapa pihak, dapat dimasukkan ke dalam turut tergugat.

 

 

Langkah ketiga adalah mengupload berkas gugatan. Berkas gugatan berupa scan KTP. Selain itu anda juga mengupload persetujuan prinsipal, yaitu persetujuan dari penggugat dan tergugat bahwa kedua pihak setuju untuk melaksanakan sidang secara elektronik. Contoh persetujuan prinsipal seperti gambar di bawah ini :

upload_berkas.JPG

 

Langkah ke-empat adalah perhitungan biaya perkara (e-Skum). Sistem secara otomatis akan menghitung taksiran biaya panjar sesuai dengan ketetapan Pengadilan yang dapat anda lihat disini. Taksiran panjar tersebut akan dikirimkan secara elektronik melalui e-mail yang anda daftarkan, dan berisi uraian pembayaran dan jumlah yang harus anda bayarkan, juga nomor Virtual Account untuk melakukan pembayaran. Apabila dalam proses persidangan terdapat kekurangan maka Pengadilan akan mengirimkan tagihan, sebaliknya ketika proses persidangan telah selesai dan biaya perkara masih tersisa, anda dapat mengambilnya ke Pengadilan.

 eskum.JPG

 

Langkah kelima adalah pembayaran (e-Payment). Anda harus melakukan pembayaran menggunakan Virtual Account yang dikirimkan melalui e-mail. Apabila pembayaran telah berhasil status pendaftaran anda akan berubah menjadi selesai. Setelah itu anda menunggu pihak Pengadilan melakukan verifikasi dan validasi berkas pendaftaran anda. Apabila berkas pendaftaran anda dinilai telah lengkap, Pengadilan akan menerbitkan nomor perkara anda.

va.JPG

 

Setelah itu anda tinggal menunggu panggilan sidang yang akan dikirimkan secara elektronik melalui e-mail. Didalam e-mail tersebut akan dijelaskan kapan sidang pertama akan dimulai dan apa agendanya.

esummons.JPG

Demikian cara pendaftaran sidang secara online melalui e-Court di Pengadilan Negeri Sukoharjo. Apabila ada pertanyaan, anda dapat mengunjungi meja e-Court di Pengadilan Negeri Sukoharjo.

 

 

 

PERMOHONAN SURAT KETERANGAN SECARA ONLINE

05 Jul

Written by webadmin PNSkh

Guna memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mencari Surat Keterangan di Pengadilan, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum telah meluncurkan Aplikasi Eraterang. Aplikasi ini merupakan alat bantu dalam layanan pembuatan surat keterangan yang harus dikeluarkan oleh Pengadilan seperti :

  1. Surat Keterangan tidak sedang dinyatakan pailit.
  2. Surat Keterangan tidak pernah sebagai terpidana.
  3. Surat Keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya.
  4. Surat Keterangan dipidana karena kealpaan ringan atau alasan politik.
  5. Surat Keterangan tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi tanggungjawabnya yang merugikan keuangan negara.

Selain itu aplikasi ini dapat memberikan informasi dengan cepat, secara memberikan keterbukaan informasi kepada publik yang saat ini sudah banyak digunakan untuk kepentingan pelayanan instansi pemerintah.

Banner EraTerang

Aplikasi Eraterang dapat di akses melalui alamat : https://eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id

Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Eraterang dapat dilihat/ diunduh DISINI.